Senin, 07 April 2014

Steaky Steak!!

BEEF STEAK


Siapa yang tidak kenal makanan yang disebut steak? Semua orang pasti tau makanan yang bernama steak ini termasuk boys and girls yang lagi baca blog ini. Jika kalian lagi makan di sebuah restaurant yang berbau "western" menu steak ini tentu menjadi salah satu menu andalan yang menjadi menu favorit kalian. Bener banget, steak sekarang udah punya kombinasi yang bervariasi. Mulai dari jenis daging dan jenis saus yang disajikan. Saus yang special dari masing-masing restaurant yang menyajikan steak, tentu saja menjadi ikon menu utama di restaurant, hotel, foodcourt, hingga warung pinggiran. Walaupun steak identik dengan makanan orang barat, namun sekarang steak sudah menjadi menu internasional.

Jenis dan Variasi Steak

Boys dan girls pasti udah tau dong macam-macam jenis steak mulai dari Sirloin, Tenderloin, T-Bone, hingga Rib. Jenis-jenis steak tersebut adalah jenis steak yang biasanya terpampang di dalam menu.   Nama-nama tersebut juga ternyata diambil dari bagian sapi yang berbeda-beda lho. 
  1. Sirloin adalah bagian paling umum, berasal dari daging belakang yang lebih keras dibandingkan yang lain. Harga Sirloin biasanya lebih murah dibandingkan bagian lainnya. 
  2. Tenderloin adalah daging yang berasal dari loin yang berada di depan sirloin dan di belakang tulang rusuk (rib). Daging ini memiliki tekstur yang lembut. 
  3. T-Bone adalah bagian tulang berbentuk T yang dikelilingi daging pada kedua sisinya. 
  4. Rib/tulang rusuk adalah daging yang berasal dari sekitar tulung rusuk. Steak Rib disajikan bersama tulang rusuk. Jika tanpa tulang, namanya menjadi Rib Eye Steak. 
Tentu saja harga sangat berpengaruh pada asal daging sapi bahan dasar steak. Daging-daging sapi impor seperti dari Jepang, Amerika, Australia, dan Selandia Baru lebih mahal dari daging sapi lokal. Dari makanan yang diberikan kepada sapi impor juga berbeda dari sapi lokal. Sapi impor sangat dijaga kualitas makanannya terutama sapi-sapi ternak. Disana, sapi ternak benar-benar diberi makan rumput yang berbeda sehingga memengaruhi kualitas daging dan susu yang dihasilkan.

Tau kah kamu? Kualitas daging sapi yang paling tinggi adalah US Prime. Kualitas daging sapi US Prime sangatlah tinggi dan hanya memiliki populasi sekitar 2,9% dari keseluruhan sertifikasi daging yang diberikan. Daging dengan jenis prime mengandung lemak marbling yang sangat tinggi sehingga daging menjadi sangat lembut untuk disajikan. Marbling adalah lemak yang berada didalam daging. Semakin tinggi tingkat marbling, dengan kata lain daging sapi tersebut semakin enak untuk disajikan menjadi daging steak. US Prime biasanya disajikan untuk fine dining. 
Cara Memasak

Dalam dunia steak, ada tiga cara memasak yang bisa kalian request sesuai dengan selera kalian. Secara garis besar ada tiga cara memasak yang bisa kalian request yaitu Well Done, Medium, dan Rare. 
  1. Well Done bisa jadi disebut matang benar. Warna dagingnya kecoklatan dengan kondisi daging   yang keras karena kandungan airnya banyak menguap. 
  2. Medium atau setengah matang masih memiliki warna merah pada bagian tengahnya.

     3. Rare sebagian besar masih berwarna merah.




Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika




Tidak ada komentar:

Posting Komentar