Selasa, 06 Mei 2014

ES PISANG IJO!

Hai! Setelah kemaren-kemaren gw share tentang breakfast, makanan berat, dan juga cookies, sekarang giliran gw ngeshare tentang dessert! Pasti sebagian besar dari kalian suka cari-cari dessert enak dan unik setelah makan. Dessert yang sekarang kita kenal kebanyakan seputar cake, eskrim, dan buah. Di postingan kali ini, gw mau kasih tau dessert yang nggak kalah enak dengan eskrim dan cake. ES PISANG IJO! Seperti biasa, sebelom gw kasih rekomendasi es pisang ijo yang enak, gw akan kasih ulasan singkat tentang es pisang ijo itu sendiri. So, check this out!!





Pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan. Pusat dari pisang ijo ini ada di kota Makassar. Pisang ijo ini terbuat dari bahan utama berupa pisang. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang sesuai dengan namanya yaitu berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan.

Cara makan pisang ijo pun mulai bervariasi dan berkembang sesuai selera masing-masing orang. Pisang ijo dapat dinikmati dengan sirop dan santan manis.



Ada juga orang yang suka pisang ijo dinikmati menjadi es pisang ijo seperti sekarang ini, pisang ijo sudah terkenal sebagai makanan penutup dan dibuat menjadi es pisang ijo. Di Makassar sendiri, es pisang ijo dapat kita jumpai di restoran-restoran khas makassar atau pedagang kaki lima. Es pisang ijo di makassar tidak memiliki kedai khusus es pidang ijo karena es pisang ijo bukan merupakan makanan pokok melainkan dessert atau makanan sampingan. Namun, es pisang  menjadi terkenal dimana-mana dan menjadi makanan yang sangat cocok terutama pada saat berbuka di bulan Ramadhan. Es pisang ijo tetap dinikmati bersama sirop dan santan manis. Hanya saja ditambahi dengan serutan es atau dengan topping seperti meises.




Nah, bagi kalian yang penasaran pengen coba es pisang ijo, kalian nggak perlu kuatir. Di jakarta sudah banyak kedai yang menyediakan es pisang ijo. Salah satu kedai es pisang ijo yang enak dan patut dicoba adalah Kedai Es Pisang Ijo Pemuda. Kedai es pisang ijo pemuda udah punya beberapa cabang lho. Salah satunya ada di gading serpong tempat gw coba es pisang ijo ini.

Gading serpong: Ruko Alexandrite, Blok ALX 3 No. 18, Jl. Gading Serpong Bulevar Curug, Serpong
Kemang: Jl. Benda Raya No. 1E, Kemang Selatan, Kemang
Kelapa Gading: Jl. Boulevard Raya Blok FY1 No.4, Kelapa Gading
Tanjung Duren: Jl. Tanjung Duren Utara IV Blok O No.468A-B, Tanjung Duren





Es pisang ijo yang disajikan di kedai es pisang ijo pemuda merupakan es pisang ijo terenak sejak gw coba beberapa kali es pisang ijo di beberapa tempat. Hanya dengan merogoh kocek Rp20.000,00 kalian bisa menikmati semangkuk besar es pisang ijo yang pastinya nggak mengecewakan. Bagi kalian yang nggak suka pisang, selain menjual es pisang ijo, disini juga menyediakan es kacang merah dan es buah dengan harga Rp20.000,00.

Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika



Tidak ada komentar:

Posting Komentar