Minggu, 18 Mei 2014

Hamburger!

HAI FOOD LOVERS! Hari ini gw akan ngebahas tentang makanan yang udah familiar banget dan menjadi favorit kita di kala lapar. Yap! Hamburger. Pasti dong semua udah tau apa itu hamburger.


Hamburger adalah makanan yang berupa roti berbentuk bundar yang diisi daging, keju, sayuran, dan saus. Nah as usual, sebelum gw kasih tau rekomendasi tempat makan yang menyajikan hamburger yang enak, gw akan kasih tau nih sedikit informasi tentang hamburger.

Ternyata boys and girls, dulu orang-orang banyak salad pengertian tenting nama hamburger itu sendiri. Mereka mengira bahwa hamburger itu berasal dari kata "ham" yang berarti babi. Kata hamburger sendiri itu sebenarnya berasal dari salah satu nama kota di Jerman yaitu Hamburg. Udah nggak salah sangka kan? Nah, terus kenapa dong Hamburg dijadiin nama hamburger? 

Di Jerman, nama-nama makanan istimewa ternyata dinamain sesuai dengan kota yang menjadi creator makanan tersebut. Contohnya aja nih Frankfurter yang menjadi nama suatu jenis sosis, dan Berliner adalah nama sejenis donat. 

Tau kah kamu kenapa hamburger bisa terkenal kayak sekarang?
Pertama kali hamburger diperkenalkan adalah ketika banyak imigran dari Eropa mencari kehidupan yang lebih baik di benua baru Amerika, mereka mencoba untuk menjual hidangan khas dari daerah asalnya. Seperti halnya imigran asal Italia yang membuat usaha dengan membuka rumah makan pizza dan pasta. Imigran Jerman dari Hamburg menjual sandwich hamburger. Seiring dengan berjalannya waktu, hamburger menjadi semakin terkenal karena cepat dihidangkan dan memenuhi kebutuhan para pekerja yang tidak memiliki banyak waktu untuk makan siang.

Sekarang ini, hamburger tetap terkenal dengan makanan yang cepat dan flexible untuk dikonsumsi jika kita sedang melakukan hal yang berlomba-lomba dengan waktu. Banyak restoran cepat saji seperti McD dan Burger King yang menyediakan hamburger. 

Nggak kalah sama Mcd dan Burger King, restoran burger yang satu ini juga ikut menyediakan berbagai macam menu burger. Bahkan dapat dikatakan bahwa restoran ini berfokus pada burger. Carl's Jr! Carl's Jr yang belum lama masuk ke Indonesia ini nggak kalah enak dibanding pesaing lainnya seperti Burger King atau Mcd. Dengan size yang super besar dan pilihan menu burger yang beragam membuat Car's Jr menarik perhatian pelanggan. Rasanya pun nggak perlu diragukan! 

Salah satu jenis menu yang udah gw coba adalah Western Beef Bacon! Menu burger ini recommended banget untuk dicoba. Dengan merogoh kocek sebesar Rp55.000,00 kalian bisa mendapatkanWsestern Beef bacon a la carte yang berisi daging, potongan ham, keju, dan onion ring yang tentu saja berukuran super besar. Dijamin, kalian nggak akan nyesel. Untuk kalian cowo-cowo pastinya bakal pas banget di perut kalian. Kalo untuk gw, makan burger carl's jr membutuhkan waktu dua kali makan.





Nah, selain yang enak-enak, kalian juga harus tau dampak negatif dari mengonsumsi burger. Di balik lezatnya rasa burger yang kalian makan, burger juga termasuk sebagai junk food. Tidak hanya menjadi penikmat burger, kalian harus menjadi konsumen yang pintar dengan mengetahui dampak negatif yang dihasilkan oleh burger yang tentu saja harus menjadi perhatian lebih bagi kalian yang gemar memakan burger. Apa aja sih dampak negatifnya? Gw akan sedikit mengulas tentang fakta-fakta buruk hamburger.

1. Keriput sebelum waktunya. 
Efek buruk junk food ternyata tak cuma pada berat badan, tetapi juga pada wajah. Gula, lemak trans (yang biasanya digunakan untuk memperpanjang masa berlaku beberapa makanan kemasan), dan tepung, bisa menyebabkan insulin melonjak naik. Reaksi kimia yang terjadi ketika molekul gula menyerang protein atau lemak jenuh ini mempercepat proses penuaan, dengan cara menonaktifkan antioksidan di dalam tubuh. Anda pun menjadi rentan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, dan membuat wajah lebih cepat keriput.

2. Ambeien. 
Roti tawar, nasi, dan produk-produk lain yang berbahan dasar tepung pati, dapat menyebabkan ambeien dan gangguan Buang Air Besar lainnya karena kandungan seratnya yang rendah. Padahal, serat berfungsi menggerakkan saluran cerna lebih aktif. Jika Anda mengalami dehidrasi, kondisi ambeien akan semakin parah.

3. Heart Burn. 
Bahaya makanan cepat saji yang terlalu banyak bisa memicu gangguan asam lambung. Makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Ketika burger atau kentang goreng yang Anda nikmati semalam sebelum dicerna sepenuhnya pada pagi hari, kelebihan asam lambung bisa terdorong naik ke kerongkongan ketika tiba waktu makan selanjutnya. Hal ini membuat rasa tidak nyaman di bagian dada, yang sering disebut sebagai sensasi. 

4. Memperparah gejala PMS. 
Gula dan pati, yang menyebabkan insulin naik dan turun dengan cepat. Hal ini akan memengaruhi senyawa kimia dalam otak dan bisa memperburuk mood swing yang Anda alami. Begitu pula dengan minuman. Kopi di gerai kopi yang diberi tambahan aneka pemanis akan memberikan efek paling parah ketika hormon-hormon Anda bergolak akibat efek dari kombinasi gula dan kafein.

6. Bad mood.
Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi makanan cepat saji akan mengalami depresi. Paling tidak, ketika Anda mengudap makanan yang kurang sehat, Anda akan merasa kacau. Ketika Anda merasa tubuh kurang nyaman, mood Anda pun akan terganggu dan ikut menjadi kacau.  

7. Kembung.
Berbagai makanan olahan yang digunakan pada makanan cepat saji mengandung kadar sodium yang tinggi. Sodium sendiri merupakan penyebab utama perut kembung. Hal ini disebabkan karena sodium mengatur jumlah darah dalam pembuluh darah, dan sifatnya mengikat air. Asupan sodium yang tinggi akan menarik air dari sel-sel Anda, menyebabkan tubuh menahan lebih banyak cairan sebagai kompensasinya. Minuman soda diet akan membuat kondisi Anda semakin parah, karena gelembung (yang mengandung udara) dan pemanis buatan (yang menyebabkan gas) sama-sama memicu kembung. 

Ada satu fakta yang kalian harus tau juga nih tentang hamburger:
"Proses pembuatan burger berisi 2 tumpuk daging dapat menghasilkan efek rumah kaca, setara mobil yang sedang berkendara sejauh 16 km! FAO (Food and Agriculture Organization) menyebutkan bahwa produksi daging Olahan menyumbang 14-22% dari total produksi 36 Milyar ton gas rumah kaca per tahun."

So, jadilah orang-orang yang cerdas dalam memilih makanan untuk tubuh kita sendiri yaaaa....

Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika Cantya Nandhika









Tidak ada komentar:

Posting Komentar